Monday, February 27, 2017

Sekilas Tentang MTs Al Manar

Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar yang berdiri pada tahun 2001, merupakan Madrasah yang bernaung di bawah Pesantren Modern Al-Manar. Madrasah yang berada dalam komplek Pesantren Modern ini terletak di Desa Lam Permei Cot Irie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.
Adanya kurikulum terpadu dengan Pesantren, nantinya diharapkan siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Manar memiliki dasar pengetahuan agama dan bahasa yang kuat. Sehingga menjadi pijakan yang mantap dalam mempelajari disiplin ilmu lain.
Sebagai Madrasah yang berdiri dibawah naungan Pesantren Modern Al-Manar selalu mengamalkan nilai-nilai kepesantrenan yang bertujuan memeberikan kontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya insani dan menciptakan insan kamil yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual. Pesantren Modern Al-Manar ini di kelola langsung oleh alumni Pondok Modern Darussalam Gontor dan Alumni Pesantren Modern Al-Manar ini di pimpin oleh Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, M.Pd dengan sistem pendidikan terpadu. Di samping pendidikan kurikuler juga di terapkan pendidikan ekstrakurikuler dengan menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa Inggris sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.

A.    VISI DAN MISI
1.      Visi Lembaga :
Sesuai dengan misi Pesantren Modern Al-Manar visi Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar adalah terciptanya sumber daya insani yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual, yang senantiasa berta’abbud kepada Allah serta mengimplementasikan fungsi khalifah di muka bumi.
2.      Misi Lembaga
1.      Mempersiapkan individu-individu yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya khaira ummah.
2.      Menciptakan dan mempersiapakan sumber daya insani yang menguasai ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang, menguasai Bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa Inggris sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Melahirkan kader-kader ummat yang memiliki ketrampilan komputer, agribisnis, arsitektur Islam dan komputer sesuai dengan perkembangan modernitas.


B.     KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN

Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar menggunakan sistem pendidikan terpadu antara Kurikulum Nasional, Kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor dan Kurikulum Dayah Aceh dengan pendekatan KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan CTL ( Contectual Teaching and Learning). Pendekakatan KBK memberikan penekanan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu. Sedangkan pendekatan CTL memberikan penekanan bahwa peserta didik belajar melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika peserta didik ”mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan ”mengetahuinya”.

Kurikulum terpadu ini diaplikasikan dengan prinsip kontinuitas seiring dengan kurikulum yang berlaku. Dan di samping pendidikan kurikuler di atas, Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar juga menerapkan pendidikan ekstrakurikuler dengan tujuan memberikan bekal keterampilan bagi siswa, antara lain; Pidato 3 Bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Diskusi Wawasan Keislaman, Tahfidh Al-Qur’an, Dalail Khairat, Kegiatan Kepanduan, Komputer, Olahraga, Seni Bela Diri, Tarian Kesenian Aceh dan Nusantara, Organisasi Siswa,Arsitektur dan Pertamanan, Aneka Perlombaan, Koperasi, Agribisnis, Pertanian, dan Wisata Ilmiah.

C.    KUALIFIKASI TENAGA PENGAJAR
1.      Sarjana strata 1,2 dan 3 dari perguruan tinggi umum dan perguruan tinggi agama islam, yang memilki kompetensi di bidang pendidikan.
2.      Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor dan Alumni Pesantren Modern Al-Manar yang memilki jiwa pengabdian dan keikhlasan, khususnya yang memiliki kompetensi dalam mengasuh peserta didik.
3.      Alumni Dayah Aceh,yang memiliki jiwa pengabdian dan keikhlasan dan memiliki kompetensi khusus di bidang pengkajian kitab kuning.

D.    SISTEM EVALUASI
Sistem evaluasi yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar mencakup :
1.    Ujian Syafahi (Ujian Lisan), dilaksanakan pada setiap ujian semester untuk       mengukur kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik.
2.   Ujian Tahriri ( Ujian Tulis), dilaksanakn pada setiapujian semester.
3.   Materi Sikap dan Tingkah Laku Siswa, dinilai langsung oleh Wali Kelas dan penguji yang sudah ditetapkan yang mencakup ; akhlak, kerajinan,  keaktifan, kesehatan dan lain-lain.









E.     PROGRAM KHUSUS PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER
A.    Program Tahunan

NO
WAKTU
K E G I A T A N
KET.
1.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Kuliah Kepesantrenan

2.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Perkemahan Tadabbur Alam

3.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Cross Country (Pramuka)

4.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Public Speaking Contest

5.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Pentas Seni Santri

6.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Perkemahan Sabtu Minggu

7.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Lomba Tingkat I (Pramuka)

8.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Wisata Islami

9.       
Sesuai dengan Kalender Akademik
Pembekalan Materi UN

10.   
Sesuai dengan Kalender Akademik
Try Out UN

11.   
Sesuai dengan Kalender Akademik
Pergantian Pengurus OSPA

12.   
Sesuai dengan Kalender Akademik
Ekspo kegiatan dan Kerajinan Santri


B.     Kegiatan Bulanan
NO
WAKTU
K E G I A T A N
KET.
1.       
Setiap awal bulan
Rapat Pengurus Organisasi Siswa

2.
Kondisional
Penataan Taman dan Lingkungan

3.
Sesuai dengan Kalender Akademik
Pembuatan Majalah Dinding









C.    Kegiatan Mingguan
NO
WAKTU
K E G I A T A N
KET.
1.       
Minggu siang
14.15 - 15.30
Latihan pramuka

  1.  
Minggu
16.35 - 18.00
Latihan Tenis Meja (PORSA)
Latihan bola kaki (PORSA)

  1.  
Senin malam
18.50 - 19.30
Kultum dan ubudiyah

  1.  
Senin sore
16.35 – 18.00
Latihan bola volly (PORSA)

  1.  
Selasa sore
16.35 – 18.00
Latihan Basket

  1.  
Selasa malam
20.30 - 22.00
Latihan dalail khairat

  1.  
Rabu malam
18.50- 19.30
Pengajian kitab

  1.  
Kamis Sore
16.35- 18.00
Latihan Senam

  1.  
Kamis Malam
18.50 - 19.30
Wirid yasin dan latihan pidato bahasa Indonesia

  1.  
Jum’at pagi
5.30 - 8.40
Muhadatsah, lari pagi, pembersihan umum

  1.  
Sabtu sore
16.35 -18.00
Latihan seni bela diri (tapak suci)

  1.  
Sabtu malam
20.30 - 22.00
Latihan pidato bahasa Arab/ Inggris


D.    Kegiatan Harian
NO
WAKTU
K E G I A T A N  
1.       
05.00 – 05.40
Bangun tidur, shalat subuh berjamaah, Membaca / menghafal al-Qur’ân
2.       
05.40 – 06.00
Pembinaan bahasa (pemberian kosa kata).
3.       
06.00 – 07.30
Belajar mandiri, mandi pagi dan sarapan pagi
4.       
07.30 – 13.10
Kegiatan belajar mengajar formal di kelas.
5.       
13.10 – 14.30
Shalat dhuhur dan makan siang.
6.       
14.30 – 15.30
Istirahat siang atau belajar mandiri/kelompok.
7.       
15.30 – 16.30
Shalat ashar dan membaca / menghafal al-Qur’ân.
8.       
16.30 – 18.00
Olah raga sore, kegiatan ketrampilan dan pengajian kitab.
9.       
18.00 – 18.30
Mandi sore dan berangkat ke masjid.
10.   
18.30 – 19.30
Shalat maghrib, membaca/ menghafal al-Qur’ân dengan bimbingan pengasuh.
11.   
19.30 – 20.10
Makan malam
12.   
20.10 – 20.30
Shalat isya’ dan persiapan belajar
13.   
20.30 – 22.00
Mengulang pelajaran / belajar kelompok di kelas dengan pengawasan wali kelas / guru pengawas.
14.   
22.00 – 05.00
Istirahat malam/ tidur.










F.     FASILITAS PENDIDIKAN
NO
FASILITAS FISIK
JML
KONDISI FASILITAS
Baik
Ringan
Sedang
Berat
Butuh
Kurang
1
Ruang Kelas
8
8
-
-
4
2
2
Ruang Kepala
-
-
-
-
-
1
3
Ruang Dewan Guru
1
1
-
-
-
-
4
Ruang Tata Usaha
1
1
-
1
0
1
5
Ruang Arsip
-
-
-
-
-
1
1
6
Ruang Perpustakaan
1
1
-
1
0
1
1
7
Ruang UKS
1
1
-
-
0
1
1
8
Ruang OSIS
1
1
-
1
0
1
1
9
Ruang Koperasi
1
1
-
-
0
1
10
Ruang Aula/Serbaguna
-
-
-
-
0
1
11
Ruang Laboratorium IPA
-
-
-
-
0
1
 1
12
Ruang Lab. Bahasa
-
-
-
-
0
1
 1
13
Ruang Lab. Komputer
1
1
-
1
0
1
 1
14
Rumah Dinas
-
-
-
-
0
5
 1
15
WC Guru
1
1
-
-
1
2
 1
16
Pagar
-
-
-
-
0
400 m
 400 m
17
Lapangan Volley
1
1
1
-
1
1
 1
18
Lapangan Bola Basket
2
2
-
2
0
1
 1
19
Lapangan Bola Mini
1
1
1


1
1
26
Mesjid
1
1
-
-
-
-
-








NO.
FASILITAS
NON-FISIK
JML
KONDISI FASILITAS
Baik
Ringan
Sedang
Berat
Butuh
Kurang
1
Kursi Guru
8
8
-
-
10
30
30
2
Meja Guru
6
6
-
-
-
20
20
3
Meja Siswa
116
80
-
36
-
50
50 
4
Kursi Siswa
116
100
-
16
0
50
50
5
Lemari Filling
1
1
-
-
1
3
3
6
Meja & Kursi Kepala
-
-
-
-
0
2
2
7
Komputer Kantor
1
1
-
-
0
1
1
8
Komputer OSIS
-
-
-
-
1
1
1
9
Komputer Untuk Lab
20
12
-
8
0
20
20 
10
Sofa Tamu
1
1
-
-
-
1
11
Rak Buku Kantor
1
-
-
1
0
1
 1


G.    PENUTUP
Demikianlah deskripsi singkat ini kami buat sebagai Profil Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar Aceh Besar agar menjadi gambaran umum bagi para siswa dan masyarakat dalam rangka meningkatkan pendidikan di Bumi Aceh ini.


                                                                                          Aceh Besar, 01 Juli 2016
                                                                                          Kepala Madrasah,




Amsal Bunaiya S.Pd.I



Bagikan

Jangan lewatkan

Sekilas Tentang MTs Al Manar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.