Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar yang berdiri pada tahun 2001, merupakan Madrasah yang bernaung di bawah Pesantren Modern Al-Manar. Madrasah yang berada
dalam komplek Pesantren Modern ini terletak di Desa Lam Permei Cot
Irie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.
Adanya kurikulum terpadu
dengan Pesantren, nantinya diharapkan siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Manar memiliki dasar
pengetahuan agama dan bahasa yang kuat. Sehingga menjadi pijakan yang mantap
dalam mempelajari disiplin ilmu lain.
Sebagai Madrasah yang berdiri dibawah naungan
Pesantren Modern Al-Manar selalu mengamalkan nilai-nilai kepesantrenan yang
bertujuan memeberikan kontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya insani dan
menciptakan insan kamil yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual.
Pesantren Modern Al-Manar ini di kelola langsung oleh alumni Pondok Modern
Darussalam Gontor dan Alumni Pesantren Modern Al-Manar ini di pimpin oleh Tgk.
H. Fakhruddin Lahmuddin, M.Pd dengan sistem pendidikan terpadu. Di samping
pendidikan kurikuler juga di terapkan pendidikan ekstrakurikuler dengan
menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa agama dan
bahasa Inggris sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.
A.
VISI DAN MISI
1. Visi Lembaga :
Sesuai dengan misi Pesantren Modern Al-Manar
visi Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar adalah terciptanya sumber daya insani
yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual, yang senantiasa berta’abbud
kepada Allah serta mengimplementasikan fungsi khalifah di muka bumi.
2. Misi Lembaga
1. Mempersiapkan individu-individu
yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya khaira ummah.
2. Menciptakan dan mempersiapakan
sumber daya insani yang menguasai ilmu pengetahuan agama dan umum secara
seimbang, menguasai Bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa Inggris sebagai
bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Melahirkan kader-kader ummat yang
memiliki ketrampilan komputer, agribisnis, arsitektur Islam dan komputer sesuai
dengan perkembangan modernitas.
B. KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN
Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar menggunakan sistem
pendidikan terpadu antara Kurikulum Nasional, Kurikulum Pondok Modern
Darussalam Gontor dan Kurikulum Dayah Aceh dengan pendekatan KBK ( Kurikulum
Berbasis Kompetensi) dan CTL ( Contectual Teaching and Learning).
Pendekakatan KBK memberikan penekanan pada pengembangan kemampuan melakukan
(kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu. Sedangkan
pendekatan CTL memberikan penekanan bahwa peserta didik belajar melalui
kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah. Belajar akan lebih
bermakna jika peserta didik ”mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan
”mengetahuinya”.
Kurikulum terpadu ini diaplikasikan dengan prinsip
kontinuitas seiring dengan kurikulum yang berlaku. Dan di samping pendidikan
kurikuler di atas, Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar juga menerapkan
pendidikan ekstrakurikuler dengan tujuan memberikan bekal keterampilan bagi
siswa, antara lain; Pidato 3 Bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Diskusi
Wawasan Keislaman, Tahfidh Al-Qur’an, Dalail Khairat, Kegiatan Kepanduan,
Komputer, Olahraga, Seni Bela Diri, Tarian Kesenian Aceh dan Nusantara,
Organisasi Siswa,Arsitektur dan Pertamanan, Aneka Perlombaan, Koperasi,
Agribisnis, Pertanian, dan Wisata Ilmiah.
C. KUALIFIKASI TENAGA PENGAJAR
1.
Sarjana strata 1,2 dan 3 dari perguruan
tinggi umum dan perguruan tinggi agama islam, yang memilki kompetensi di bidang
pendidikan.
2.
Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor dan
Alumni Pesantren Modern Al-Manar yang memilki jiwa pengabdian dan keikhlasan,
khususnya yang memiliki kompetensi dalam mengasuh peserta didik.
3.
Alumni Dayah Aceh,yang memiliki jiwa
pengabdian dan keikhlasan dan memiliki kompetensi khusus di bidang pengkajian
kitab kuning.
D.
SISTEM EVALUASI
Sistem evaluasi yang diterapkan di
Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar mencakup :
1. Ujian Syafahi (Ujian Lisan), dilaksanakan pada
setiap ujian semester untuk mengukur
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik.
2. Ujian Tahriri ( Ujian Tulis),
dilaksanakn pada setiapujian semester.
3. Materi Sikap dan Tingkah Laku
Siswa, dinilai langsung oleh Wali Kelas dan penguji yang sudah ditetapkan yang
mencakup ; akhlak, kerajinan, keaktifan,
kesehatan dan lain-lain.
E. PROGRAM KHUSUS PENGEMBANGAN
EKSTRAKURIKULER
A. Program Tahunan
NO
|
WAKTU
|
K E G I A T A N
|
KET.
|
1.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Kuliah Kepesantrenan
|
|
2.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Perkemahan Tadabbur Alam
|
|
3.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Cross Country (Pramuka)
|
|
4.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Public Speaking Contest
|
|
5.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Pentas Seni Santri
|
|
6.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Perkemahan Sabtu Minggu
|
|
7.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Lomba Tingkat I (Pramuka)
|
|
8.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Wisata Islami
|
|
9.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Pembekalan Materi UN
|
|
10.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Try Out UN
|
|
11.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Pergantian Pengurus OSPA
|
|
12.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Ekspo kegiatan dan Kerajinan
Santri
|
|
B. Kegiatan Bulanan
NO
|
WAKTU
|
K E G I A T A N
|
KET.
|
1.
|
Setiap awal bulan
|
Rapat Pengurus Organisasi Siswa
|
|
2.
|
Kondisional
|
Penataan Taman dan Lingkungan
|
|
3.
|
Sesuai dengan Kalender Akademik
|
Pembuatan Majalah Dinding
|
|
C. Kegiatan Mingguan
NO
|
WAKTU
|
K E G I A T A N
|
KET.
|
1.
|
Minggu siang
14.15 - 15.30
|
Latihan pramuka
|
|
|
Minggu
16.35 - 18.00
|
Latihan Tenis Meja (PORSA)
Latihan bola kaki (PORSA)
|
|
|
Senin malam
18.50 - 19.30
|
Kultum dan ubudiyah
|
|
|
Senin sore
16.35 – 18.00
|
Latihan bola volly (PORSA)
|
|
|
Selasa sore
16.35 – 18.00
|
Latihan Basket
|
|
|
Selasa malam
20.30 - 22.00
|
Latihan dalail khairat
|
|
|
Rabu malam
18.50- 19.30
|
Pengajian kitab
|
|
|
Kamis Sore
16.35- 18.00
|
Latihan Senam
|
|
|
Kamis Malam
18.50 - 19.30
|
Wirid yasin dan latihan pidato bahasa Indonesia
|
|
|
Jum’at pagi
5.30 - 8.40
|
Muhadatsah, lari pagi, pembersihan umum
|
|
|
Sabtu sore
16.35 -18.00
|
Latihan seni bela diri (tapak suci)
|
|
|
Sabtu malam
20.30 - 22.00
|
Latihan pidato bahasa Arab/ Inggris
|
|
D. Kegiatan Harian
NO
|
WAKTU
|
K E G I A T A N
|
1.
|
05.00 – 05.40
|
Bangun tidur, shalat subuh berjamaah, Membaca /
menghafal al-Qur’ân
|
2.
|
05.40 – 06.00
|
Pembinaan bahasa (pemberian kosa kata).
|
3.
|
06.00 – 07.30
|
Belajar mandiri, mandi pagi dan sarapan pagi
|
4.
|
07.30 – 13.10
|
Kegiatan belajar mengajar formal di kelas.
|
5.
|
13.10 – 14.30
|
Shalat dhuhur dan makan siang.
|
6.
|
14.30 – 15.30
|
Istirahat siang atau belajar mandiri/kelompok.
|
7.
|
15.30 – 16.30
|
Shalat ashar dan membaca / menghafal al-Qur’ân.
|
8.
|
16.30 – 18.00
|
Olah raga sore, kegiatan ketrampilan dan pengajian
kitab.
|
9.
|
18.00 – 18.30
|
Mandi sore dan berangkat ke masjid.
|
10.
|
18.30 – 19.30
|
Shalat maghrib, membaca/ menghafal al-Qur’ân dengan
bimbingan pengasuh.
|
11.
|
19.30 – 20.10
|
Makan malam
|
12.
|
20.10 – 20.30
|
Shalat isya’ dan persiapan belajar
|
13.
|
20.30 – 22.00
|
Mengulang pelajaran / belajar kelompok di kelas dengan
pengawasan wali kelas / guru pengawas.
|
14.
|
22.00 – 05.00
|
Istirahat malam/ tidur.
|
F. FASILITAS PENDIDIKAN
NO
|
FASILITAS FISIK
|
JML
|
KONDISI FASILITAS
|
|||||
Baik
|
Ringan
|
Sedang
|
Berat
|
Butuh
|
Kurang
|
|||
1
|
Ruang
Kelas
|
8
|
8
|
-
|
-
|
4
|
2
|
2
|
2
|
Ruang
Kepala
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
3
|
Ruang
Dewan Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
1
|
-
|
1
|
0
|
1
|
1
|
5
|
Ruang
Arsip
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
6
|
Ruang
Perpustakaan
|
1
|
1
|
-
|
1
|
0
|
1
|
1
|
7
|
Ruang
UKS
|
1
|
1
|
-
|
-
|
0
|
1
|
1
|
8
|
Ruang
OSIS
|
1
|
1
|
-
|
1
|
0
|
1
|
1
|
9
|
Ruang
Koperasi
|
1
|
1
|
-
|
-
|
0
|
1
|
1
|
10
|
Ruang Aula/Serbaguna
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
1
|
1
|
11
|
Ruang
Laboratorium IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
1
|
1
|
12
|
Ruang
Lab. Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
1
|
1
|
13
|
Ruang Lab.
Komputer
|
1
|
1
|
-
|
1
|
0
|
1
|
1
|
14
|
Rumah
Dinas
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
5
|
1
|
15
|
WC Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2
|
1
|
16
|
Pagar
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
400 m
|
400 m
|
17
|
Lapangan
Volley
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
18
|
Lapangan
Bola Basket
|
2
|
2
|
-
|
2
|
0
|
1
|
1
|
19
|
Lapangan
Bola Mini
|
1
|
1
|
1
|
|
|
1
|
1
|
26
|
Mesjid
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
NO.
|
FASILITAS
NON-FISIK
|
JML
|
KONDISI FASILITAS
|
|||||
Baik
|
Ringan
|
Sedang
|
Berat
|
Butuh
|
Kurang
|
|||
1
|
Kursi
Guru
|
8
|
8
|
-
|
-
|
10
|
30
|
30
|
2
|
Meja
Guru
|
6
|
6
|
-
|
-
|
-
|
20
|
20
|
3
|
Meja
Siswa
|
116
|
80
|
-
|
36
|
-
|
50
|
50
|
4
|
Kursi
Siswa
|
116
|
100
|
-
|
16
|
0
|
50
|
50
|
5
|
Lemari
Filling
|
1
|
1
|
-
|
-
|
1
|
3
|
3
|
6
|
Meja
& Kursi Kepala
|
-
|
-
|
-
|
-
|
0
|
2
|
2
|
7
|
Komputer
Kantor
|
1
|
1
|
-
|
-
|
0
|
1
|
1
|
8
|
Komputer
OSIS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
9
|
Komputer
Untuk Lab
|
20
|
12
|
-
|
8
|
0
|
20
|
20
|
10
|
Sofa
Tamu
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
11
|
Rak Buku
Kantor
|
1
|
-
|
-
|
1
|
0
|
1
|
1
|
G. PENUTUP
Demikianlah deskripsi singkat ini kami buat sebagai Profil Madrasah
Tsanawiyah Swasta Al-Manar Aceh Besar agar menjadi gambaran umum bagi para
siswa dan masyarakat dalam rangka meningkatkan pendidikan di Bumi Aceh ini.
Aceh Besar, 01 Juli 2016
Kepala Madrasah,
Amsal Bunaiya S.Pd.I
Bagikan
Sekilas Tentang MTs Al Manar
4/
5
Oleh
99